WAJIB MEMAKAI MASKER APABILA MEMASUKI PEKARANGAN SEKOLAH_____WAJIB MEMAKAI MASKER APABILA MEMASUKI PEKARANGAN SEKOLAH______WAJIB MEMAKAI MASKER APABILA MEMASUKI PEKARANGAN SEKOLAH Tips & Trik

Tips & Trik

Krida Duta Bahasa Sekolah Penggiat Literasi SMPN 1

QUOTE OF THE DAY


SUBSCRIBE

Kontak

Alamat :

Jln Peutua Husein, Kelurahan Gampong Jawa

Telepon :

(0646)21173

Email :

smpnegeriidi@gmail.com

Website :

smpn1idi.sch.id

Media Sosial :

Sekolah Ramah Anak

Rumah Belajar

FACEBOOK KAMI

Calendar

September 2025

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30

GURU WAJIB TAHU! 4 HAL YANG MEMBUAT PEMBELAJARAN MENYENANGKAN ( oleh NURIL MUKHLIFIDA, S.Ag.)

Suasana kelas yang menyenangkan adalah dampaan setiap guru dan peserta didik. Nah, ada beberapa trik yang bisa di praktikkan didalam kelas. Let’s check it out!

1. Bangun suasana kelas yang nyaman



Suasana kelas yang nyaman merupakan salah satu metode yang bisa diterapkan oleh seorang pendidik. Dalam membangun suasana kelas yang nyaman dapat di lakukan melalui instrinsik dan ekstrinsik feel.

Instrinsik feel seperti sapaan hangat dan raut wajah cerah memantulkan energi positif yang dapat mempengaruhi semangat peserta didik serta menciptakan suasana rileks.Teknik STOP bisa sebagai media alternative dalam menciptakan suasana rileks bagi guru dan peserta didik apalagi pembelajaran di akhir sesi.

Nah..Apa itu teknik STOP? STOP merupakan akronim dari :



Stop/Berhenti. Hentikan apapun yang Anda lakukan.

Take a deep Breath/Tarik nafas dalam. Sadari napas yang masuk, sadari napas yang keluar dari hidung.

Observe/Amati. Amati apa yang Anda rasakan pada tubuh Anda.Amati perut yang mengembung sebelum membuang napas.Amati perut yang mengempes saat Anda membuang napas. Amati pilihan-pilihan yang dapat Anda lakukan.

Proceed/ Lanjutkan. Latihan selesai.

Ekstrinsik feel seperti dalam hal:

  • Dengan mengatur posisi tempat duduk secara berkala sesuai keinginan peserta didik. Selain itu, ciptakanlah suasana kelas dimana peserta didik tidak takut melakukan kesalahan.
  • Memotivasi siswa, adalah sebuah konsep utama dalam banyak teori pembelajaran. Motivasi ini sangatlah dikaitkan dengan dorongan, perhatian, kecemasan, dan umpan balik/penguatan.

Pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan akan menarik minat peserta didik untuk terlibat secara aktif, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai maksimal. Menurut beberapa pakar pembelajaran menyenangkan merupakan suasana belajar mengajar yang dapat memusatkan perhatiannya secara penuh saat belajar sehingga curah waktu perhatiannya (time on task) tinggi. Pembelajaran menyenangkan dapat diartikan pula sebagai pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa dengan berbagai metode yang diterapkan, sehingga saat pembelajaran berlangsung siswa tidak merasa bosan. 

2. Kegiatan yang bervariasi



Guru yang kreatif mampu menciptakan bermacam-macam kegiatan dalam pembelajaran sehingga anak tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran.

Salah satunya adalah dengan metode bermain. Metode bermain diyakini sebagai salah satu cara yang paling efektif dalam PBM.

Bermain adalah suatu kegiatan yang serius tetapi mengasyikkan. Melalui aktivitas bermain, berbagai pekerjaannya terwujud. Bermain adalah aktivitas yang dipilih sendiri oleh anak, karena menyenangkan bukan karena akan memperoleh hadiah atau pujian. Melalui bermain dan berbagai permainan yang menyenangkan, peserta didik dapat mengembangkan semua potensinya secara optimal, baik potensi fisik maupun mental intelektual dan spritual dalam sebuah pembelajaran. Pembelajaran merupakan suatu proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi.


3. Materi yang interaktif


Berbicara tentang materi yang interaktif. Tidak lepas dengan kaitannya dengan media ajar. Dalam kegiatan pembelajaran, media interaktif kerap digunakan sebagai alat bantu untuk mempermudah guru dalam mengajarkan materi kepada murid. Dengan media interaktif, murid dapat memahami materi yang disampaikan secara merata.

Media sebagai teknologi pembawa pesan untuk menunjang pem-belajaran, atau suatu perangkat yang dipergunakan untuk mengefektifkan penyaluran informasi (materi) dari guru kepada siswanya.

Media interaktif seperti Media Permainan Komputer, Media Interaktif Video, Media Interaktif Audio dan media situs edukasi.

Media media digital ini sangat di tunggu tunggu oleh peserta didik. Media tersebut tidak hanya menyajikan berbagai game tapi juga pembelajaran yang bersifat edukasi yang melatih keterampilan otak kiri dan kanan anak.


4. Metode yang sesuai dengan kondisi siswa.


Kita semua mempercayai bahwa anak lahir dengan keunikannya masing-masing. Sebagai pendidik, kita memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa setiap anak mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dengan cara terbaik yang sesuai untuk mereka. Ya..pembelajaran berdiferensiasi.

Praktek pembelajaran berdiferensiasi, murid tidak hanya akan dapat memaksimalkan potensi mereka, tapi mereka juga akan dapat belajar tentang berbagai nilai-nilai kehidupan yang penting. Nilai-nilai tentang indahnya perbedaan, menghargai, makna baru dari kesuksesan, kekuatan diri, kesempatan yang setara, kemerdekaan belajar, dan berbagai nilai penting lainnya yang akan berkontribusi terhadap perkembangan diri mereka secara lebih holistik/utuh. Oleh karena itu, penting untuk para pendidik mengetahui bagaimana proses pembelajaran berdiferensiasi ini dapat dilakukan, dengan cara-cara yang memungkinkan guru untuk dapat mengelolanya secara efektif.

Ingatlah satu persatu murid di kelas Anda. Bagaimanakah karakteristik setiap anak di kelas Anda? Tahukah Anda apa kekuatan mereka? Bagaimana gaya belajar mereka? Apa minat mereka? Siapakah yang memiliki keterampilan menghitung paling baik di kelas Anda? Siapakah yang sebaliknya? Siapakah yang paling menyukai kegiatan kelompok? Siapakah yang justru selalu menghindar saat bekerja kelompok? Siapakah yang level membacanya paling tinggi? Siapakah murid yang masih perlu dibantu untuk meningkatkan keterampilan memahami bacaan mereka? Siapakah yang paling senang menulis? Siapakah yang lebih senang berbicara?

Setiap harinya, tanpa disadari, guru dihadapkan oleh keberagaman yang banyak sekali bentuknya. Mereka secara terus menerus menghadapi tantangan yang beragam dan kerap kali harus melakukan dan memutuskan banyak hal dalam satu waktu. Keterampilan ini banyak yang tidak disadari oleh para guru, karena begitu naturalnya hal ini terjadi di kelas dan betapa terbiasanya guru menghadapi tantangan ini. Berbagai usaha mereka lakukan yang tentu saja tujuannya adalah untuk memastikan setiap murid di kelas mereka sukses dalam proses pembelajarannya.


Ditulis oleh NURIL MUKHLIFIDA, S.Ag. (Guru Mapel Bahasa Inggris)

 

Referensi

Nibiobank. (2022) • Built with GeneratePress

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikan Guru Penggerak. (2020). Pembelajaran Berdiferensiasi, Paket Modul 2

Aksi Bergizi Gerakan Sekolah Sehat SMP N 1 IDI

PENGUNJUNG

SUBSCRIBE