
RAPAT REALISASI PROGRAM TIM GERAKAN LITERASI SEKOLAH

Literasi tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapat di sekolah. Membaca merupakan salah satu kegiatan dalam berliterasi. Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting dan juga faktor yang penting pula dalam proses pembelajaran. Melalui membaca peserta didik dapat memperoleh informasi yang maksimal.
Dalam proses pembelajaran seorang guru jarang sekali memberikan petunjuk pada siswanya untuk membaca terlebih dahulu dari materi yang akan disampaikan. Seorang guru dalam menyampaikan proses pembelajaran hanya berpedoman pada Silabus dan RPP yang mereka anggap menjadi panduan proses pembelajaan di kelas. Bahkan ada seorang guru yang hanya menggunakan LKS sebagai salah satu sumber belajar tanpa meperhatikan kebutuhan siswanya.
Dalam era globalisasi dan penerapan kurikulum 2013, seorang guru harus dapat meneladani siswa akan kegemaran dalam membaca. Seperti banyak membaca di perpustakaan sekolah atau banyak membaca di ruang guru, sehingga siswa dapat melihat dan mengamati secara langsung keadaan lingkungan . Hal tersebut akan menarik siswa dalam mengikuti pembiasaan di sekolah terutama kegemaran siswa dalam membaca.
Budaya literasi di sekolah merupakan hal yang harus digerakan dan dilaksanakan secara serius menjadi program di sekolah karena dimulai dari kemampuan yang terdapat pada tiap individu dalam sebuah komunitas.Seperti seorang siswa dalam suatu sekolah. Siswa yang mengikuti dengan sungguh-sungguh budaya literasi, akan memiliki kesenangan atau kegemaran terhadap aktivitas baca-tulis. Dengan demikian dalam pertumbuhan dan perkembangan melalui pembiasaan, pengembangan atau pun pembelajarannya. Kemampuan tersebut akan menjadi kebiasaan yang membentuk suatu pola kemampuan literasi antara satu siswa dan siswa lain, sehingga bukan lagi sekadar kemampuan tunggal, melainkan kemampuan masyarakat, komunitas, atau warga sekolah.
Di SMP Negeri 1 Idi ada berbagai program baik yang telah berjalan maupun yang sedang dalam proses realisasi yaitu sebagai berikut :
NO |
NAMA
PROGRAM |
KETERANGAN |
1 |
15 Menit Literasi |
Membaca selama 15 menit
sebelum jam pertama pelajaran di mulai |
2 |
Pelatihan Menulis |
Siswa membaca dan memahami
bacaan kemudian membuat sinopsis singkat terkait bacaan yang telah dibaca |
3 |
Best Quote |
Siswa menulis
kalimat-kalimat yang bersifat informatif, inspiratif dan persuasif terkait
prestasi dan motivasi dalam belajar dan yang terbaik akan di desain dalam
bentuk poster dan akan di tempelkan di berbagai lokasi di sekolah |
4 |
Pohon Literasi |
Berisi history bacaan siswa
dan juga beberapa penggalan kalimat yang telah dibaca oleh siswa |
5 |
Pentas Sastra |
Siswa menampilkan karya
tulis berupa puisi, cerpen ataupun teks pidato dan ditampilkan di depan
penonton (siswa dan guru) dalam kegiatan Pengembangan Diri para siswa. |
6 |
Hibah Buku |
Buku bacaan non pelajaran diperoleh siswa dari sekolah
(bantuan dana Bos) atau dari siswa kelas
IX, apabila mereka tamat memberi sumbangan buku cerita fiksi, non
fiksi atau keagamaan. Sehingga siswa memilki banyak buku bacaan yang
diperoleh dari sekolah. Bisa juga, jika siswa kelas VII dan VIII ingin
menyumbang buku bacaan yang ada dirumah untuk sekolah. |
7 |
Writing Award |
Merupakan kegiatan yang dirancang untuk memberikan penghargaan
kemampuan menulis bagi siswa terhadap buku yang dibaca baik dengan teman
sekelas atau dengan teman kelas VII dan VIII dan juga bagi siswa dengan quote
terbaik hal ini bertujuan agar merangsang siswa untuk bisa menulis. |
8 |
Reading Award |
Merupakan kegiatan yang dirancang untuk memberikan penghargaan
membaca bagi siswa terbanyak membaca buku baik antar siswa dikelasnya sendiri
atau dengan kelas VII dan VIII disetiap akhir semester bertujuan agar merangsang
siswa agar terus membaca. |
9 |
Menyediakan Buku Bacaan Bagi Siswa |
Merupakan kegiatan yang dirancang untuk mendapatkan
buku bacaan bagi sekolah sesuai jumlah siswa yang berada dikelas, kemudian
buku- buku itu saling tukar jika
selesai baca. Setiap kelas di dorong untuk memiliki sudut baca (reading
corner), melalui kerjasama dengan komite Madrasah dan wali siswa. |
10 |
Sosialisasi |
Mengadakan Sosialisasi dengan mengundang narasumber
tentang pemahaman kepada guru, kepala Sekolah, komite, orang tua dan siswa tentang materi-materi yang menambah
wawasan. |
11 |
Lomba Antar Kelas |
Lomba ini berisi tentang berbagai cabang lomba yang
berhubungan dalam peningkatan minat literasi seperti lomba menulis cerpen,
puisi, pantun, pidato, pojok literasi dan lainnya. Lomba ini dilaksanakan
diakhir semester. |
12 |
Nyalanesia |
Setiap guru dan siswa diwajibkan mengikuti segala kompetisi/kegiatan
yang diselenggarakan oleh Nyalanesia |
13 |
Poster Literasi |
Menghias dinding
sekolah dengan berbagai poster informatif , inspiratif dan persuasif. |




