
RAPAT DIVERSIFIKASI KURIKULUM


- Perbedaan potensi daerah
Dalam faktor potensi daerah,
tak dapat dimungkiri bahwa sekolah yang berbeda daerah tidak bisa menerapkan
kurikulum yang sama. Sebagai contoh, sekolah di daerah pegunungan yang erat
dengan bercocok tanam dirasa kurang tepat jika memberikan tema kompetensi dasar
yang berkaitan dengan potensi laut.
- Perbedaan satuan pendidikan
Selain potensi daerah, satuan
pendidikan tidaklah sama antara satu dengan lainnya. Tentu terdapat perbedaan
seperti jenis pendidikan, jenjang sekolah, lokasi, potensi daerah, maupun arah
pengembangan ke depannya.
- Perbedaan peserta didik
Perbedaan peserta didik juga
menjadi salah satu faktor mengapa diversifikasi kurikulum perlu dilakukan.
Keberagaman peserta didik bisa dilihat dari bakat, minat, kemampuan berpikir,
latar belakang sosial ekonomi, serta latar belakang budaya.
"Jadi, kesimpulannya adalah diversifikasi kurikulum penting dilakukan karena mengingat kondisi pendidikan di setiap satuan pendidikan tidaklah sama. Ketika kurikulum dipukul sama rata maka akan ada satuan pendidikan yang tidak bisa beradaptasi karena perbedaan kondisi tersebut. Penyesuaian-penyesuaian perlu diberikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah masing-masing." tutup beliau