PENERAPAN/ IMPLIMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 1 IDI (Oleh Nuril Mukhlifida, S.Ag. & Fauzi Zubaizillah, S.Pd.,Gr)
Dinamakan sebagai profil pelajar pancasila bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai luhur pancasila sebagai nilai-nilai yang mengatur perilaku bangsa, dan sebagai arah yang memandu perkembangan diri dan penguatan kemampuan atau kompetensi seluruh pelajar di tanah air.
Berikut kegiatan-kegiatan dalam membentuk karakter peserta
didik yang berlandaskan profil
pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Idi.
BERIMAN, BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DAN BERAKHLAK MULIA

Kegiatan yang dilaksanakan seperti seperti :
- Melaksanakan zikir setiap pagi sebelum memulai pembelajaran diadakan di lapangan secara bersama-sama.
- Membaca yasin setiap Jum’at pagi di lapangan
- Melakukan Budaya 5S (Salam, Senyum,Sapa, Sopan, Santun)
- Mengadakan perlombaan Pentas PAI untuk mengali potensi bakat dan minat anak
- Program PAI tentang cara memandikan jenazah yang di adakan sebulan sekali.
- Kultum 15 menit sebelum pembacaan yasiin dan pengembangan diri.
BERKEBINNEKAAN GLOBAL

- Kegiatan Bazaar ‘Karya Anak Negeri’ sesuaikan dengan budaya Aceh setiap akhir semester genap.
- Menghargai setiap perbedaan karena para peserta didik terdiri dari berbagai latar belakang kehidupan yang berbeda dengan tidak melakukan bullying baik verbal atau non verbal abuse
- Mencintai kebudayaan melalui tarian, pantun kreasi dan karya sastra lainnya.
- Mampu menerima dan mengolah perubahan teknologi seperti penggunaan aplikasi dan media dari luar yang positif yang menunjang proses pembelajaran
MANDIRI

- Peserta didik Mampu mengenali potensi yang di milikinya (Pengembangan Diri setiap Sabtu pagi,mengikuti kegiatan FLS2N, O2SN).
- Menyadari akan pentingnya ilmu pengetahuan sebagai bekal kecakapan hidup dengan memafaatkan waktu luang membaca dan menulis.
- Menyadari akan regulasi sekolah dan kelas yang telah di sepakati bersama (tidak terlibat Narkotika, tawuran, tidak merokok, tidak boleh membawa HP ,Piket Kelas, Menjaga ketentraman kelas)
- Menyelesaikan tugas yang diberikan guru tepat waktu.
- Bertanggung jawab atas tugas dan kewajiban yang telah diberikan
GOTONG ROYONG

- Mengadakan Sabtu bersih 2 kali dalam sebulan.
- Perawatan tanaman hias dan taman kelas sesuai jadwal yang telah diberikan
BERNALAR KRITIS

- Mampu mengolah dan mengembangkan idenya di kelas (Berkolaborasi dengan teman dalam melaksanakan tugas-tugas sekolah yang diberikan).
- Mampu mengolah dan menganalis informasi yang diterima dengan baik
KREATIF

- Mendekorasi kelas dengan berbagai ornament, gambar dan lain sebagainya sesuai dengan kreatifitas peserta didik.
- Mampu mendaur ulang barang bekas yang tidak terpakai seperti plastik gelas/botol air mineral, botol minuman, kaleng bekas, bola bekas, CD bekas dan lain-lain menjadi suatu produk atau karya yang bernilai seni yang tinggi.
