WAJIB MEMAKAI MASKER APABILA MEMASUKI PEKARANGAN SEKOLAH_____WAJIB MEMAKAI MASKER APABILA MEMASUKI PEKARANGAN SEKOLAH______WAJIB MEMAKAI MASKER APABILA MEMASUKI PEKARANGAN SEKOLAH Artikel

Artikel

Krida Duta Bahasa Sekolah Penggiat Literasi SMPN 1


QUOTE OF THE DAY



SUBSCRIBE


Kontak

Alamat :

Jln Peutua Husein, Kelurahan Gampong Jawa

Telepon :

(0646)21173

Email :

smpnegeriidi@gmail.com

Website :

smpn1idi.sch.id

Media Sosial :



Sekolah Ramah Anak


Rumah Belajar


FACEBOOK KAMI


Calendar

Desember 2025

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31

PROFIL PELAJAR PANCASILA

Menurut Presiden Joko Widodo “Sistem Pendidikan Nasional harus mengedepankan nilai-nilai ketuhanan, yang berkarakter dan berakhlak mulia, serta unggul dalam inovasi dan teknologi”

Hal ini di kuatkan oleh mas Mentri semua perubahan yang kita lakukan di sistem pendidikan akan berdampak pada profil pelajar pancasila.


Mengapa harus profil pelajar pancasila?

Ada 6 dimensi pembangun profil pelajar pancasila yang harus di terapkan oleh seorang pendidik.

Dimensi ini adalah: 

1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 
2) Mandiri; 
3) Bergotong-royong; 
4) Berkebinekaan global; 
5) Bernalar kritis; 
6) Kreatif.

Keenam dimensi ini harus berjalan dan diterapkan seimbang satu sama lain tidak bisa di pisahkan. Satu komponen saja di pisahkan maka profil ini tidak bermakna.

Mari kita lihat contoh berikut ini. Ketika seorang pelajar memecahkan suatu masalah dengan mengeluarkan ide- ide baru dan orisinil maka di perlukan kemampuan bernalar kritis. Disamping itu dia juga perlu mempertimbangkan solusi lain dengan memunculkan akhlak kepada makhluk hidup lain yaitu  dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Dia pun perlu melibatkan orang lain dengan tetap menghargai keragaman latar belakang yang dimiliki (dimensi Gotong Royong dan Berkebinekaan Global).

Pelajar Pancasila disini berarti pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Pelajar yang memiliki profil ini adalah pelajar yang terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya.

Profil Pelajar Pancasila dicetuskan sebagai pedoman untuk pendidikan Indonesia. Tidak hanya untuk kebijakan pendidikan di tingkat nasional saja, akan tetapi diharapkan juga menjadi pegangan untuk para pendidik, dalam membentuk karakter anak di ruang belajar yang lebih kecil. Mari kita lihat penjelasan lebih lanjut tentang ke 6 elemen-elemen tersebut.




1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.

Profil ini berarti siswa tersebut mengamalkan nilai-nilai agama dan kepercayaannya sebagai bentuk religiusitasnya, percaya dan menghayati keberadaan Tuhan serta memperdalam ajaran agamanya yang tercermin dalam perilakunya sehari-hari sebagai bentuk penerapan pemahaman terhadap ajaran agamanya.

Dalam usahanya memperkuat iman dan ketakwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa, murid dengan profil ini juga menghargai segala bentuk ciptaan Nya, baik itu alam tempat ia tinggal, manusia lain, dan yang juga tidak boleh dilupakan, dirinya sendiri. Dengan menghargai hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, dirinya sendiri, orang lain, serta alam, maka seorang murid dapat memenuhi dimensi ini.

Elemen dan Sub elemen dari dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.

● Akhlak Beragama.

 - Mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa

 - Pemahaman agama/kepercayaan

 - Pelaksanaan ajaran agama/kepercayaan

● Akhlak Pribadi.

 - Memiliki Integritas (sebagai bentuk penghormatan terhadap diri sendiri dalam relasi dengan

    orang lain)

 - Merawat diri secara fisik, mental, dan spiritual

● Akhlak kepada manusia

 - Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan

 - Berempati kepada orang lain

● Akhlak kepada Alam

 - Menjaga lingkungan

 - Memahami keterhubungan ekosistem bumi

 ● Akhlak bernegara

       - melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga Negara

2.Berkebinekaan Global

        Murid dengan dimensi profil ini merupakan seorang murid yang berbudaya, memiliki identitas diri yang matang, mampu menunjukkan dirinya sebagai representasi budaya luhur bangsanya, serta terbuka terhadap keberagaman budaya daerah, nasional, global. Hal ini dapat diwujudkan dengan kemampuan berinteraksi secara positif antar sesama, memiliki kemampuan komunikasi interkultural, serta mampu memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk sebagai kesempatan pegembangan dirinya.

Elemen dan Sub elemen dari dimensi Berkebinekaan Global:

    ● Mengenal dan menghargai budaya.

 - Mendalami budaya dan identitas budaya

 - Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya

 - Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya

   ●  Komunikasi dan interaksi antar budaya

- Berkomunikasi antar budaya

 - Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif

    ● Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

 - Melakukan refleksi terhadap pengalaman kebinekaan

    - Menghilangkan stereotip dan prasangka

   - Menyelaraskan perbedaan budaya

● Berkeadilan Sosial.

  - Turut serta aktif, membangun masyarakat yang adil, inklusif dan berkelanjuta

  - Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama

  - Memahami peran individu dalam demokrasi

 3. Gotong Royong

        Seorang murid yang memiliki dimensi Gotong Royong berarti murid tersebut mampu berkolaborasi dengan orang lain dan secara proaktif mengupayakan pencapaian kesejahteraan dan kebahagiaan orangorang yang ada dalam masyarakatnya. Murid tersebut juga sadar bahwa Ia tidak hidup sendiri, memiliki kesadaran diri sebagai bagian dari kelompok, sehingga perlu ada usaha dari dirinya untuk membantu pencapaian kebahagiaan kelompoknya.

 Elemen dan Sub elemen dari dimensi Gotong Royong

 ● Kolaborasi.

 - Kerjasama

 - Berkomunikasi untuk mencapai tujuan bersama

- Menumbuhkan rasa saling ketergantungan positif (menyadari peran dirinya dan peran orang lain dalam kontribusinya dalam pencapaian tujuan kelompok)

 - Koordinasi Sosial (melakukan koordinasi demi pencapaian tujuan bersama)

● Kepedulian

 - Tanggap terhadap lingkungan - Persepsi sosial (memahami dan menghargai lingkungan sosialnya, untuk memunculkan situasi yang sejalan dengan kesejahteraan lingkungan sosialnya)

● Berbagi (memberi dan menerima segala hal yang penting bagi kehidupan pribadi dan bersama)


4. Mandiri

        Seorang murid yang memiliki dimensi mandiri berarti murid tersebut mempunyai prakarsa atas pengembangan diri dan prestasinya dan didasari pada pengenalan kekuatan serta keterbatasan dirinya serta situasi yang dihadapi, dan bertanggung jawab atas proses dan hasilnya. Murid yang memiliki dimensi ini juga mampu mengelola dirinya sendiri (pikiran, perasaan, tindakan) untuk mencapai tujuan pribadinya ataupun tujuan bersama.

Elemen dan sub elemen dari dimensi Mandiri

 ● Pemahaman diri dan situasi

 - Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi

 - Mengembangkan refleksi diri

● Regulasi Diri

- Regulasi Emosi

 - Menetapkan tujuan dan rencana strategis pengembangan diri dan prestasi

- Memiliki inisiatif bekerja secara mandiri

 - Mengembangkan kendali dan disiplin diri

 - Percaya diri, resilien dan adaptif

5. Bernalar Kritis

       Seorang murid yang memiliki dimensi Bernalar Kritis berarti murid tersebut mampu menggunakan kemampuan nalar dirinya untuk memproses informasi, mengevaluasinya, hingga menghasilkan keputusan yang tepat untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapinya. Murid tersebut mampu menyaring informasi, mengolahnya, mencari keterkaitan berbagai informasi, menganalisa serta membuat kesimpulan berdasarkan informasi tersebut. Dimensi ini juga berarti keterbukaan terhadap berbagai macam perspektif ataupun pembuktian baru (termasuk pada pendapatnya semula yang digugurkan oleh pembuktian baru ini). Keterbukaan ini pun mampu bermanfaat dalam kehidupan murid di masa mendatang karena menumbuhkan murid yang terbuka, mau mengubah pendapatnya, serta menghargai pendapat orang lain.

Berikut beberapa elemen dan sub elemen dari dimensi Bernalar Kritis:

● Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

- Mampu Mengajukan pertanyaan (untuk mengumpulkan data yang akurat)

 - Mengidentifikasi, mengklarifikasi dan mengolah informasi dan gagasan

 ● Menganalisa dan mengevaluasi penalaran

 ● Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri

6. Kreatif

       Seorang murid yang memiliki dimensi kreatif berarti mampu memodifikasi, menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak untuk mengatasi berbagai persoalan baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk lingkungan di sekitarnya.

 Berikut beberapa elemen dan sub elemen dari dimensi Kreatif:

● Menghasilkan gagasan yang orisinal

● Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

● Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

Dalam usaha mewujudkan Profil Pelajar Pancasila ini, tentunya perlu peran pendidik untuk menuntun anak serta menumbuhkan berbagai karakter/nilai yang dijabarkan. Peran pendidik yang pertama dalam terkait dengan Profil Pelajar Pancasila ini adalah mengenali dan menjalankan profil ini terlebih dahulu untuk dirinya sendiri. Ketika seorang pendidik mencoba menjalankan profil ini, maka akan lebih mudah bagi murid untuk mengikutinya. Keteladanan seorang guru dalam menjalankan ini pastinya akan dilihat dan kemudian dipelajari oleh para murid.

Profil Pelajar Pancasila ini juga tidak hanya diajarkan dalam mata pelajaran tertentu, namun terintegrasi dalam muatan pembelajaran. Demi mewujudkan Profil Pelajar Pancasila ini dibutuhkan pendidik yang mumpuni dalam menjadi teladan dan menciptakan perubahan. Pelajar Pancasila adalah karakter yang diharapkan muncul pada segenap murid di Indonesia. Keenam karakter tersebut tercerminkan melalui perilaku sehari-hari yang akhirnya menjadi kebiasaan. Untuk mendukung tercapainya karakter ini, setiap guru perlu menanamkan nilai - nilai dan pola pikir sebagai penuntun atau pamong. 


Kunjungi Blog saya dengan klik tulisan dibawah ini..

NURIL MUKHLIFIDA BLOG

Ditulis oleh NURIL MUKHLIFIDA, S.Ag (Guru Bahasa Inggris)

Aksi Bergizi Gerakan Sekolah Sehat SMP N 1 IDI


PENGUNJUNG


SUBSCRIBE